Konsultasi Hukum

Ilustrasi Ilustrasi

Plagiarisme di Media Online

Plagiarisme di Media Online

Pengasuh Konsultan Hukum Senayanpost yang terhormat. 

Saya  ingin menanyakan soal pagiarisme di media online. Mohon penjelasan. Saya sering membaca berita tentang  hal yang sama di media online yang berbeda. Kadang urutan berita dari alinea atas sampai bawah sama atau hampir sama. 

Pertanyaan saya, bolehkah media online atau media siber mengutip media siber lainnya. Apakah itu tidak melanggar hukum atau  bertentangan dengan ketentuan undang-undang hak cipta? Apakah hal tersebut bukan plagiarisme? Juga apakah tidak melanggar etika?

Ahmad Nurahmad

Ketintang, Surabaya.

Media Online (media siber, media dare, situs berita) bermunculan.  Banyak yang hanya melakukan "copas" atau "salin tempel" dalam penulisan konten beritanya.

Media arus utama pun sering mengutip dari media lain, misalnya Antara. Bagaimana aturan soal kutip-mengutip berita ini? apakah melanggar Hak Cipta?

Soal mengutip berita, Pasal 14 UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dengan jelas menyebutkan:

“Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta apabila pengambilan berita baik secara keseluruhan maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, atau surat kabar atau sumber lain, dengan sumber ketentuannya harus disebutkan secara lengkap”.

Ini berarti jikalau Anda mengutip tulisan atau karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya secara lengkap maka tindakan yang Anda lakukan tidak melanggar hukum.

Nah, itu dia aturannya. Intinya, kutipan dengan menyebutkan sumber bukan pelanggaran hak cipta, bukan pula plagiarisme atau plagiat. Sebaliknya, jika tidak menyebutkan sumber, maka itu plagiarisme dan pelanggaran hak cipta.

Etika mengutip berita media lain pernah dijelaskan mantan anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo. Diberitakan Waspada, Agus mengatakan, dalam pemberitaannya, suatu media dimungkinkan untuk mengutip berita media lain.

Imas Senopati

Advokat dan Konsultan Hukum pada Kantor Hukum Hendropriyono & Associates


sumber : senayanpost.com
0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top