Daerah

Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung menyatakan pada tahun 2022 mendatang fokus Pemerintah Kota Bandung masih berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Tahun 2022 Bandung Masih Fokus Pandemi, Bappelitbang: Tidak Mengganggu Prioritas Lainnya

Tahun 2022 Bandung Masih Fokus Pandemi, Bappelitbang: Tidak Mengganggu Prioritas Lainnya

BANDUNG, SPOST.id - Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung menyatakan pada tahun 2022 mendatang fokus Pemerintah Kota Bandung masih berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbang Kota Bandung, Yudi Mulyana menjelaskan bahwa fokus terhadap pandemi Covid-19 tidak mengganggu prioritas Pemkot Bandung lainnya.

"Ada delapan isu prioritas yang menjadi fokus pelayanan masyarakat (Kota Bandung)," kata Yudi di Kota Bandung, Kamis (25/11/2021).

Delapan isu prioritas tersebut, jelasnya, meliputi layanan dasar terkait kesehatan dan pendidikan, kemudian ekonomi, lingkungan hidup, infrastruktur, tatakelola pemerintahan, isu humanisme seputar sosial budaya masyarakat dan kolaborasi masalah keuangan.

Menurutnya, untuk layanan dasar yang meliputi kesehatan dan pendidikan sudah lebih dari standar maksimal. "Layanan dasar ini semuanya lebih dari standar minimal yaitu untuk kesehatan 20 persen dan pendidikan 10 persen (dari APBD). Bahkan saking perhatiannya layanan dasar itu hampir mau separuhnya," tambahnya.

"Tahun depan ada juga prioritas pemulihan ekonomi, kita pendekatan ke peningkatan UMKM. Kemudian ada banyak pelatihan kewirausahaan, ketenagakerjaan, ekraf (ekonomi kreatif)," jelas Yudi.

Kendati berjibaku di tengah refocusing anggaran tersebut, namun urusan lainnya pun tetap diupayakan bisa terpenuhi secara maksimal. Seperti di bidang infrastruktur, anggaran yang ada tetap dioptimalkan untuk pemeliharaan.



0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top