Daerah

Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution

Bobby Ungkap Penyebab Kota Medan Sering Banjir

Bobby Ungkap Penyebab Kota Medan Sering Banjir

JAKARTA, SPOST.id - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution merencanakan akan membangun beberapa titik kolam retensi. Ini sebagai upaya mengatasi banjir di daerah ini.

"Debit air masuk ke sungai yang jadi bahan kemarin. Bagaimana mengatur debit air masuk ke sungai, kalau perlu kita buat kolam retensi, kita buat," terang Bobby di Medan.

Bobby mengaku telah meninjau langsung beberapa lokasi yang bisa dibangun kolam retensi. Pembangunan kolam retensi penting karena tingginya debit air yang akan disalurkan ke sungai melintasi Kota Medan.

Menantu Presiden Joko Widodo itu juga sudah mengkomunikasikan upaya tersebut. Di antaranya dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang maupun Dinas Pekerjaan Umum.

"Apakah bisa kita jadikan kolam retensi sebelum airnya masuk ke sungai. Dari drainase kita masukkan sungai, dan sungainya meluap sama saja. Jadi kita tampung dulu airnya di situ (kolam retensi)," ungkap Bobby.

Bobby mengaku, peristiwa banjir yang melanda wilayah Kota Medan pekan ini dipicu buruknya tata kelola drainase akibat intensitas hujan yang tinggi di daerah ini.
Data Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan menyebut, sekitar 200 titik drainase terjadi genangan air yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan dengan total drainase sepanjang 5.000 kilometer.

"Kalau perbaikan drainase harus dari hulu sampai hilir. Ada sungai kita yang hilirnya bukan di Kota Medan, itu ya. Jadi kita perbaiki drainase kita, kalau hilirnya nggak diperbaiki, malah tambah banjir," terang dia.


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top