Nasional

Ilustrasi tenaga kesehatan khusus penanganan virus corona Covid-19 (ANTARA FOTO)

Kasus Omicron di Jakarta Meningkat, Kini BOR RS Baru Capai 12 Persen

Kasus Omicron di Jakarta Meningkat, Kini BOR RS Baru Capai 12 Persen

JAKARTA, SPOST.id - Kasus COVID-19 di Jakarta saat ini terus mengalami peningkatan di tengah merebaknya varian Omicron. Hal itu membuat kapasitas keterisian tempat tidur (BOR) di Jakarta juga meningkat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan bahwa saat ini keterisian tempat tidur (BOR) di Jakarta mencapai 12 persen.

"Kapasitas tempat tidur saat ini 5.000-6.000, tingkat keterisian sekitar 12%," kata Widyastuti dalam acara virtual bertajuk 'Bersiap Hadapi Gelombang Omicron' yang diadakan MNC Trijaya, Sabtu (15/1).

Namun, Widyastuti menjelaskan Jakarta juga harus waspada ketika nantinya terjadi lonjakan kasus COVID-19 seperti saat varian Delta.

Terkait hal itu, dia memastikan bahwa seluruh fasilitas kesehatan di Jakarta termasuk tempat tidur di Jakarta siap untuk merawat pasien COVID-19 ke depannya.

"Untuk masalah hunian rumah sakit, tim DKI pernah di posisi paling besar membuka posisi kapasitas tempat tidur itu rumah sakit pada lebih dari 13 ribu tempat tidur COVID-19 tahun lalu saat varian Delta menguat," ungkap Widyastuti.

"Kemudian ada 102 RS yang sudah kita SK-kan itu lewat SK Menkes atau Gubernur yang siap membantu. Kenyataannya di luar itu ada 140 lah RS yang pernah lakukan perawatan COVID dari 194 RS yang ada di Jakarta, artinya kita apresiasi dan terima kasih RS di DKI yang sangat sigap," tambahnya.

Sementara itu, Widyastuti menjelaskan, selain mempersiapkan fasilitas kesehatan bagi para pasien COVID-19, pihaknya juga akan mempersiapkan tempat bagi kasus non COVID-19 di rumah sakit saat kasus corona sedang melandai.

"Kondisi saat ini saat kasus melandai, kami harus mempertimbangkan kasus non COVID yang masuk daftar tinggi dan tindakannya tertunda, itu kita buka," tutup dia.


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top