Internasional

Jonathan, kura-kura tertua yang berusia 190 tahun. (ist)

Jonathan, Kura-kura Tertua di Dunia Baru Berulang Tahun ke 190

Jonathan, Kura-kura Tertua di Dunia Baru Berulang Tahun ke 190

JAKARTA, SPOST.id - Jonathan, seekor kura-kura raksasa Seychelles baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-190 tahun ini. Nama Jonathan akhirnya tercatat di Guinness World Record sebagai kura-kura tertua yang masih hidup di dunia.

Melansir My Modern Met, Jumat (21/1/2022), Jonathan saat ini adalah chelonian tertua yang pernah ada -kategori yang mencakup kura-kura, penyu dan terrapin.

Meski tahun kelahirannya tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan Jonathan tiba di pulau St. Helena, pulau terpencil di Samudera Atlantik dari kota asalnya Seychelles di Samudera Hindia saat dia berusia 50 tahun.

Spesies kura-kura Aldabrachelys gigantea hololisa ini sudah menghabiskan sebagian besar hidupnya di pekarangan kediaman gubernur di St. Helena dan telah menemani lebih dari 30 gubernur.

Bahkan, dia sudah lebih dulu hadir sebelum menara Eiffel diresmikan di Paris.

Meskipun hal ini cukup mengesankan, sebetulnya kura-kura memang dikenal dapat hidup lebih dari 100 tahun.

Rekor chelonian berumur panjang sebelumnya dipegang oleh Tu"i Malila. Dia merupakan hadiah dari Kapten Cook untuk bangsawan Tonga. Kura-kura ini kemudian meninggal pada tahun 1965 di usia 188 tahun.

Di usianya yang sudah mencapai 190 itu, Jonathan masih kuat meskipun penglihatan dan indera penciumannya sudah tidak seperti dulu. Dia dilaporkan suka berjemur di bawah sinar matahari dan duduk di atas tumpukan daun yang nyaman saat cuaca dingin.

Di tempat itu, Jonathan tidak sendirian. Dia ditemani ketiga teman kura-kura raksasa lainnya yang diberi nama David, Emma dan Fred. Tidak hanya itu, dia juga mendapatkan makanan dan perawatan terbaik. (Jo)



0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top