Nasional

Mayjen Maruli Simanjuntak dan istri Paulina Uli Pandjaitan

Sosok Maruli Simanjuntak, Eks Danpaspampres dan Menantu Luhut Jadi Pangkostrad

Sosok Maruli Simanjuntak, Eks Danpaspampres dan Menantu Luhut Jadi Pangkostrad

JAKARTA, SPOST.id - Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak resmi mengisi jabatan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang sudah lama kosong. Hal ini dipastikan setelah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menandatangani Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI, melalui Keputusan nomor 66/I/2022, pada 21Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dilansir tempo.co, Maruli merupakan eks Komandan Pasukan Pengamanan Presiden pada periode 2018-2020 lalu. Sejak Presiden Joko Widodo menjabat, Maruli memang banyak menghabiskan masa jabatannya di lingkaran Istana. Sempat menjadi Komandan Grup A Paspampres pada 2014 hingga 2016, ia kemudian naik jabatan menajdi Wadan Paspampres pada 2017 hingga 2018.

Sebelum naik, Maruli sempat menjabat sebagai Komandan Korem Warastratama selama setahun. Sempat juga menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Diponegoro pada 2018, Maruli dipanggil lagi ke Istana dan menjabat sebagai Komandan Paspampres.

Maruli merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992. Ia diketahui berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) dan juga pernah menjadi Komandan Detasemen Tempur Cakra. Ia juga merupakan atlet judo Indonesia di SEA Games 1995.

Selain itu, Maruli juga diketahui merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Maruli menikahi anak Luhut, Paulina Pandjaitan pada 1999 silam.

Maruli mengisi jabatan Pangkostrad yang telah lama kosong. Jabatan ini sebelumnya ditinggalkan oleh Jenderal Dudung Abdurrachman yang ditarik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat. (Jo)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top