Catatan dari Senayan

MotoGP Mandalika berlangsung sukses. Penonton di lapangan maupun jutaan orang yang mengikuti melalui siaran televisi merasa puas.

Sukses dan Uforia Gebyar Mandalika

Sukses dan Uforia Gebyar Mandalika

MESKI ada gangguan hujan deras dan kecelakaan yang menimpa pebalap nomor wahid Marc Marquez gelaran MotoGP Mandalika berlangsung sukses. Penonton di lapangan maupun jutaan orang yang mengikuti melalui siaran televisi merasa puas. Uforia tak terelakkan. Sukses Mandalika, sukses Indonesia.

Acungan jempol kita berikan kepada panitia prnyelenggara dan seluruh pihak yang terlibat dalam balap motor tingkat internasional itu. Tidak terbatas hanya mereka yang terlibat pada hari H penyelenggaraan balap, tapi mereka yang bergulat dalam mempersiapkan arena balap yang megah dan indah itu dan segala hal yang terkait.

Tentu kita tidak melupakan tekad kuat dan support Presiden Jokowi atas terwujudnya arena balap Mandalika itu. Tak mau tanggung-tanggung. Dari tangan Presidenlah ditunjuk tokoh-tokoh yang kompeten memberikan kontribusi pada seluruh penyiapan sirkuit dan penyelenggaraan balap motor bergengsi itu. Tidak tanggung-tanggung mantan Panglima TNI ditempatkan sebagai komandan lapangan. Semua menteri terkait dilibatkan dalam pembangunan Mandalika dan penyelenggaraan balapnya.

Presiden Jokowi tampak bersikeras untuk mewujudkan bangunan dan gelaran yang sempurna. Semua bangunan menggunakan standar internasional. Jokowi memberi perhatian sangat prima terhadap para pembalap dari berbagai negara. Mulai dari sarapan bersama di Istana sampai pemberian piala langsung di usia balapan. Pujian pun datang dari berbagai kalangan. Membanggakan.

Mandalika mendunia. Sampai kemarin (21/3) tercatat tiga juta folower twitter resmi MotoGP Mandalika. Paling tidak hal itu sebagai salah satu indikator sukses penyelenggaraan Moto GP yang pertama kali di Indonesia. Penonton yang membludak, hotel dan penginapan di Lombok sampai Bali berokupansi tinggi, dan semua moda transportasi yang terpakai. Frekuensi penerbangan ke Lombok dan Bali yang meningkat drastis sebagai indikator gelaran olahraga yang menyedot perhatian.

MotoGP Mandalika berefek domino ke banyak hal. Menghidupkan sektor pariwisata luar biasa, mempercepat pembangunan infrastruktur di Lombok, menggerakkan perekonomian, utamanya sektor UMKM. Bukan hanya Lombok dan NTB yang menerima manfaat, tapi juga Indonesia. Di tengah himpitan Covid-19 Indonesia dapat menunjukkan kepada dunia sukses berkreasi besar dan membangkitkan optimisme bangsa.

Jika ada kekurangan di sana sini kita anggap wajar dan akan menjadi evaluasi untuk penyempurnaan dan pembelajaran ke depan. Seperti kata pepatah, tiada gading yang tak retak. Uforia bangsa tak terelakkan sebagai rasa syukur dan kebanggaan kita. Meski tetap pada batas tertentu. Sekali lagi, selamat dan sukses untuk gelar dan gebyar Mandalika.


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top