Hukum

Deddy Corbuzier

Soal Konten Deddy Undang LGBT, Kominfo Tak Bisa Seenaknya Takedown

Soal Konten Deddy Undang LGBT, Kominfo Tak Bisa Seenaknya Takedown

JAKARTA, SPOST.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate menanggapi soal konten podcast Deddy Corbuzier terkait pasangan LGBT Ragil Mahardika dan Frederik Vollert. Menurutnya, Kominfo tak bisa langsung memutuskan memblokir atau takedown konten tersebut.

"Kalau itu sudah ada tim yang melakukan dan memeriksanya. Kami tidak akan secara gegabah melakukan takedown seenaknya," kata Plate saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Ia memaparkan, perlu mekanisme dan proses yang mesti dilakukan Kominfo. Sehingga prinsip fairness atau keadilan tetap terjaga.

"Di kesempatan ini mau saya sampaikan, ruang digital dan Kominfo bukan bertujuan untuk melakukan blokir dan takedown. Itu dilakukan apabila terjadi pelanggaran yang tidak sejalan dengan peraturan," tegas dia.

Ia mengatakan kalau ruang digital seharusnya dimanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat dan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Nah kalau konten-konten ini tolong ya, ruang digital kita ini kami bangun infrastrukturnya, kami siapkan talenta digitalnya, dan kami buat aturan-aturannya. Untuk memanfaatkan ruang digital yang bersih, baik, dan bermanfaat," ujarnya.

Ia turut berpesan agar para kreator konten di Indonesia melakukan hal-hal yang baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan, juga yang memenuhi syarat-syarat kultural dan religius.

"Saya sekali lagi minta tolong agar kreator konten itu kreatif. Inovatif bagus, tetapi jaga nilai kultural dan religius masyarakat kita," jelasnya.


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top