Teknologi

SpaceX prediksi umat manusia pergi ke Mars dekade ini (Foto: SpaceX)

NASA Temukan Sampah di Planet Mars, dari Mana?

NASA Temukan Sampah di Planet Mars, dari Mana?

JAKARTA, SPOST.id - Mars dikenal sebagai planet merah dan konon sangat panas tetapi disebut-sebut sebagai salah satu alternatif jika bumi tidak lagi bisa ditinggali.

Penjelajahan ke Mars pun menjadi salah satu yang paling sering, termasuk juga dilakukan oleh Elon Musk.

Uniknya, baru-baru ini ditemukan sampah di Mars,

Dikutip CNBC Indonesia dari Mashable, saat mencari petunjuk kehidupan mikroba Mars pada masa lalu, penjelajah Perseverance NASA baru-baru ini melihat puing-puing pendaratan yang terperangkap di batu bergerigi. Tampak seperti sampah yang terpampang nyata.

Puing itu adalah bahan termal yang digunakan badan antariksa untuk melindungi pesawat ruang angkasa Perseverance dari suhu ekstrem saat melakukan perjalanan ke Mars dan jatuh melalui atmosfer Mars.

"Tim saya telah melihat sesuatu yang tidak terduga: Ini adalah bagian dari selimut termal, paket jet bertenaga roket yang menjatuhkan saya pada hari pendaratan pada tahun 2021," tweet NASA dari rover Perseverance pada Rabu (15/6/2022).

Sebuah pertanyaan yang membayangi adalah bagaimana puing-puing seperti foil bisa ada di wilayah Kawah Jezero Mars. Padahal, jaraknya sekitar dua kilometer (1,2 mil) dari tempat roda pendarat jatuh di gurun Mars.

Penjelajah Perseverance sebelumnya mendarat di Mars pada Februari 2021. Dalam perjalanan turun, pesawat ruang angkasa yang membawa penjelajah itu membuang berbagai instrumen dan benda, termasuk pelindung panas, parasut supersonik, dan derek langit bertenaga roket yang menurunkan bajak ke tanah.

Jadi tidak terlalu mengejutkan jika penjelajah tersandung banyak puing kali ini.


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top