Teknologi

Pesawat hipersonic Mach 9

Gokil! Startup ini Rancang Pesawat Hipersonik, dari LA ke Tokyo cuma Sejam

Gokil! Startup ini Rancang Pesawat Hipersonik, dari LA ke Tokyo cuma Sejam

JAKARTA, SPOST.id - Perusahaan rintisan atau startup dirgantara di Texas, AS, tengah merancang sebuah pesawat super cepat yang diklaim bisa mengantarkan manusia ke semua negara dan balik lagi ke tempat asal buat makan malam. Artinya, perjalanan pergi-pulang (PP) itu tak sampai seharian, alias cuma dalam waktu hitungan jam.

Startup bernama Venus Aerospace yang berlokasi di Houston, Texas, itu mengatakan pesawat hypersonic Mach 9 bakal bisa melakukan "perjalanan global dalam waktu 1 jam". Desain prototipe pesawat pertama mereka, Stargazer, baru-baru ini dipamerkan di Up.Summit di Bentonville, Arkansas, AS.

Perusahaan mengatakan tim teknik pesawat Venus telah mengerjakan iterasi sejak 2020 lalu.

Didukung oleh pemodal terkemuka, Venus Aerospace mengatakan kini kembali menerima pendanaan 1 juta dolar AS untuk proyek pesawat hipersonik.

Pihak Venus Aerospace berencana akan mulai melakukan uji coba terbang subsonik dan supersonik dari drone berskala sembilan kali kecepatan suara pada tahun depan.

"Tim sedang mematangkan tiga teknologi utamanya: mesin roket generasi berikutnya tanpa emisi, bentuk pesawat inovatif, dan pendinginan terdepan, yang memungkinkan pesawat luar angkasa lepas landas dari pelabuhan antariksa yang ada, menggunakan infrastruktur yang ada," papar Venus Aerospace.

"Tim kami juga sedang memecahkan ribuan masalah yang memungkinkan perjalanan hipersonik. Kami merancang bentuk pesawat yang inovatif, pelindung panas, mekanik penerbangan, dan banyak lagi. Ini semua didukung oleh mesin hipersonik emisi nol-karbon generasi berikutnya."


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top