Metropolitan

Sesar Baribis

Pemprov DKI Sebut Siapkan Mitigasi Bencana Sesar Baribis

Pemprov DKI Sebut Siapkan Mitigasi Bencana Sesar Baribis

JAKARTA, SPOST.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah mempersiapkan berbagai langkah mitigasi bencana terkait pergeseran Sesar Baribis.

"Upaya dari Pemprov DKI kita terus upayakan berbagai dukungan, regulasi, terkait antisipasi pencegahan dan pengendaliannya," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/6/2022) malam.

Sesar Baribis merupakan sesar aktif yang membentang dari Purwakarta melewati bagian selatan Jakarta hingga Banten.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan sesar Beribis bergeser secara aktif hingga 5 milimeter pertahun. Hal ini membuat Jakarta berada di daerah rawan gempa.

"Jadi terkait Sesar Baribis memang ini kita tahu Indonesia memang negara yang punya potensi kebencanaan. Itu menjadi perhatian kita semua," jelas Riza.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, M Insyaf mengatakan bahwa pergeseran sesar ini dapat menyebabkan gempa dengan kekuatan yang cukup besar.

"Meskipun dalam magnitudo kecil 2.3 - 3.1, Sesar Baribis ini pun disebut dapat menyebabkan gempa lumayan besar yang bisa mengguncang daerah Jakarta," kata Insyaf dalam keterangan tertulis, Minggu (26/7).

Maka dari itu untuk saat ini fokus utama mitigasi bencana diberikan kepada sekolah, madrasah, dan juga gedung-gedung tinggi yang ada di Jakarta.


sumber : Kumparan
0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top