Ekonomi

Ilustrasi- Situasi pengisian bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (30/4/2020). ANTARA/Moh Ridwan

Harga Shell Naik, Pertalite dan Pertamina Juga Ikut Naik? Cek Harganya di Sini

Harga Shell Naik, Pertalite dan Pertamina Juga Ikut Naik? Cek Harganya di Sini

JAKARTA, spost.id- Shell Indonesia per 1 Juli 2022 akan menaikkan harga cukup tinggi hingga mencapai Rp18.500 per liter untuk BBM jenis Shell Super setara BBM Pertamax milik PT Pertamina (Persero).

PT Pertamina (Persero) dan Shell Indonesia merilis harga BBM (Bakan Bakar Minyak) terbaru untuk bermacam jenis produknya per Juli 2022 ini.

Seperti diketahui, berdasarkan pengumuman resmi di situs Shell Indonesia, perusahaan menaikkan harga untuk kelima jenis BBM, yakni Shell Super, Shell V-Power, dan Shell V-Power Diesel, Shell V-power Nitro+.

VP Corporate Relations Shell Indonesia Susi Hutapea menjelaskan bahwa perusahaan melakukan penyesuaian harga dari waktu ke waktu. Hal tersebut dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Beberapa diantaranya yang mencakup harga produk minyak olahan berdasarkan Mean of Platts Singapore (MOPS), kondisi dan volatilitas pasar, nilai tukar mata uang asing, pajak pemerintah dan bea cukai, biaya distribusi dan biaya operasional, kinerja perusahaan serta aktivitas promosi yang sedang berjalan.

"Dapat kami sampaikan bahwa penyesuaian harga yang kami lakukan masih sejalan dengan peraturan pemerintah yang berlaku mengenai harga jual BBM," kata dia.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan bahwa Pertamina saat ini belum ada rencana untuk melakukan penyesuaian harga untuk BBM jenis Pertamax.

Pasalnya, perusahaan migas pelat merah tersebut saat ini masih fokus memilah-milah konsumen mana yang berhak mengkonsumsi BBM jenis Pertalite maupun Solar subsidi. Terutama melalui proses pendaftaran di website subsiditepat.mypertamina.

Pertamina tidak melakukan kenaikan harga produk BBM. Perseroan masih menahan harga bahan bakar yang dipasarkannya sejak 1 April lalu, di tengah-tengah fluktuasi harga minyak dunia.

Harga Pertalite selaku Jenis Bahan bakar Khusus Penugasan (JBKP) kini masih dibanderol rata Rp7.650 per liter di seluruh Indonesia. Begitu pun Pertamax, yang masih dijual di angka Rp12.500-Rp13.000 per liter tergantung wilayahnya. (nda)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top