Hiburan

Bongkar Perdukunan Indonesia, Pesulap Merah Marcel Radhival Dilaporkan Atas Tuduhan Mencemarkan Profesi Dukun /Instagram.com @@marchelradhival1

Pesulap Merah Terancam Bui Gegara Bongkar Kebohongan Dukun di Indonesia, Begini Duduk Perkaranya

Pesulap Merah Terancam Bui Gegara Bongkar Kebohongan Dukun di Indonesia, Begini Duduk Perkaranya

JAKARTA, spost.id- Marcel, Pesulap Merah membongkar trik dari video yang diduga sebagai praktek dukun menjadi perhatian netizen. Atas hal tersebut, Pesulap merah yang mempunyai nama asli Marcel Radhival dilaporkan sejumlah dukun.

Aksi yang dilakukan Pesulap Merah itu ternyata dianggap mencemarkan profesi dukun. Walaupun pada mulanya maksud dari pembuktian trik dalam video YouTube Marcel Radhival yang dilakukan seorang dukun yaitu bentuk edukasi bagi masyarakat.

Pesulap Merah Marcel Radhival meminta supaya tak ada lagi oknum yang memakai kedok agama untuk praktek perdukunan. Bukan cuma sekadar membuka trik yang dilakukan oleh Gus Samsudin, Pesulap Merah Marcel Radhival ternyata juga mengunjungi rumah Gus Samsudin di padepokan daerah Blitar.

Menurut Pesulap Merah Marcel Radhival, kedatangannya itu tak disambut baik. Marcel Radhival mempunyai tujuan membuktikan kebenaran dari trik dukun yang dibongkarnya.

Hal itu dikatakannya dalam podcast Deddy Corbuzier berjudul Dia Bawa Keris Petir ke Podcast!! Dukun Palsu Berkedok Agama Gue Bongkar !! Aksi membongkar Pesulap Merah Marcel Radhival pada trik yang dilakukan Gus Samsudin dianggap bentuk mencemarkan profesi dukun.

Sejumlah dukun melaporkan hal itu ke polisi, karena merasa profesi mereka dianggap sebagai pembohongan publik. Pelaporan tersebut didasarkan pada perkataan Pesulap Merah Marcel Radhival yang mengungkapkan bahwa dukun itu kalau tak menipu berarti cabul.

Perkataan yang diutarakan pesulap merah Marcel Radhival itu ternyata menjadikan sejumlah dukun marah dan bermaksud untuk memindahkannya. Walaupun pernyataan tersebut dimaksudkan Pesulap Merah Marcel Radhival bukan ditujukan untuk profesi dukun anak dan dukun pijat. Namun hal tersebut ditujukan untuk dukun yang kurang pemahaman pada hal-hal ghaib.

"Yang saya serang itu dukun yang sok tahu tentang hal ghaib," kata Pesulap Merah Marcel Radhival dalam Podcast Deddy Corbuzier yang diposting 29 Juli 2022.

Terkait masalah perdukunan di Indonesia ternyata sudah ditetapkan dalam RUU KUHP pasal 252 yang membahas mengenai praktek dukun santet.

RUU KUHP pasal 252 ayat 1 berbunyi setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seorang dipidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV. (ara)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top