Travel

Kesenian Tradisional Barong. Dok. Seni Barong BNM

Kesenian Tradisional Barong Muncul Kembali di Kabupaten Kendal, Ajak Remaja Pelihara Budaya

Kesenian Tradisional Barong Muncul Kembali di Kabupaten Kendal, Ajak Remaja Pelihara Budaya

JAKARTA, spost.id- Ada sebuah grup kesenian yang berlokasi di Kabupaten Kendal yang mengangkat kembali kesenian tradisional.

Mereka melatih beberapa remaja setempat yang memiliki antusias, dari pelajar di tingkat SD sampai SMP. Kelompok kesenian itu bernama group seni Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho (BNM).

Saat ini, ada 50 anggota pelaku kesenian budaya yang bergabung dalam Singo Barong BNM. Mayoritas adalah pelajar yang disiapkan menjadi calon penerus dan pewaris seni tradisional.

Pembina grup kesenian tersebut, Solikin mengatakan grup kesenian barong BNM diaktifkan kembali karena akan melestarikan tradisi wilayah lokal.

Utamanya setelah vakum dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, kata Solikin, group ini sebagai wadah melakukan pembinaan dan pembibitan calon generasi penerus seni budaya. Harapannya agar kesenian tradisional khas Kabupaten Kendal tetap terjaga dan lestari di tengah-tengah masyarakat.

"Kami munculkan lagi group yang lama, tujuannya ke depan untuk mengarahkan generasi muda, terutama anak-anak SD dan SMP, " terangnya, Minggu (31/7/2022).

Solikin meneruskan, group yang dibinanya diberi kesempatan kembali tampil pada momentum peringatan awal tahun baru Islam 1444 Hijriyah, sekaligus memeriahkan sedekah bumi Desa Purwokerto.

Kata dia, ada beberapa kesenian yang ditampilkan, meliputi tari barong, jaran kepang, burok, dan dawangan. (dav)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top