Travel

Masjid Agung Ibnu Batutah

7 Masjid Tertua dan Terbesar di Bali, Wajib Dikunjungi!

7 Masjid Tertua dan Terbesar di Bali, Wajib Dikunjungi!

BALI, spost.id- Indonesia adalah negara demokrasi yang sekular mayoritasnya pemeluk agama islam. Namun di pulau dewata Bali yang terkenal dengan Pulau Seribu Pura ini yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Ternyata mempunyai tempat beribadah untuk segala umat beragama yang berada di Indonesia.

Salah satunya tempat ibadah untuk umat muslim. Bagi wisatawan yang beragama islam sedang berlibur di Bali dan sedang mencari masjid di Bali. Berikut ada beberapa pilihan masjid yang bisa di kunjungi.

1. Masjid Nurul Huda

Bagi yang senang akan wisata sejarah dan ingin tahu jejak sejarah masuknya islam di Bali, maka wajib singgah di Masjid Nurul Huda Gulgel. Masjid ini merupakan masjib pertama yang di dirikan di Bali.

Berlokasi di Jalan Waturenggong, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Masjid ini berjarak sekitar 30 meter dari Denpasar ini memiliki banyak sejarah penyebaran islam yang masih terlihat hingga saat ini.

Masjid yang dibangun sekitar abad ke-17 ini sudah berkali-kali mengalami renovasi, namun tidak mengubah ciri khas masjid ini yakni menara yang menjulang tinggi 17 meter. Masjid Ar-Rahmat Kuta Bali

2. Masjid Agung Ibnu Batutah

Masjid yang berada di komplek Puja Mandala, dikelilingi oleh Pura Jagat Natha, Vihara Budina Ghuna, Gereja Bunda Maria Segala Bangsa dan Gereja Protesta Bukit Goa. Masjid Nurul Huda berada di satu tempat ibadah dengan berbagai agama didalamnya.

Keberadaan Masjid Agung Ibnu Batutah merupakan bukti kerukunan antar umat beragama di Bali. Masjid ini tepatnya ada di Nusa Dua Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

3. Masjid Besar Al Hidayah

Masyarakat di sekitar masjid ini kerap menyebut Masjid Candi Kuning. Sebab arsitektur masjid yang unik dengan di dominasi warna emas. Hal tersebut membuat masjid ini tampah megah dan mewah sehingga cocok untuk berfoto ria.

Masjid Besar Al Hidayah atau Masjid Candi Kuning ini kerap di kunjungi wisatawan musli, saat berkunjung ke area Bedugul, tepatnya masjid ini berada di kawasan Bedugul, Kecamatan Beturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Selain itu, dari samping masjid bisa melihat langsung keindahan Danau Ulun Danu dan menikmati udaranya yang sejuk.

4. Masjid Agung Palapa

Masjid yang dibangun sejak tahun 2012 ini bisa anda kunjungi bila sedang berlibur di Dreamland, Bali. Karena lokasinya tidak jauh dari Dreamland, maka tidak heran banyak wisatawan yang sering mampir ke masjid ini untuk beribadah atau sekedar istirahat.

Masjid Agung Palapa mengusung konsep beratas limas dan berdiri percis di jalan masuk ke Pantai Dreamland. Tepatnya berada di Jalan Pecatu Indah Resort, Pecatu Bali, Kuta Selatan.

5. Masjid Agung Sudirman

Salah satu masjid terbesar dengan arsitekturnya mengadopsi bangunan wantilan khas Bali. Masjid ini dibangun sejak tahun 1979 dan pada tahunn 1994 masjid ini di renovasi sekaligus merubah bentuknya menjadi wantilan khas Bali. Masjid Agung Sudirman ini lokasinya ada di komplek Kodam Udayana Bali.

6. Masjid Muhammad

Masjid yang megah ini memiliki desain dari interior yang mirip dengan bangunan masjid yang ada di Timur Tengah. Masjid ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Pemecutan Klod, Kota Denpasar Basar, Bali. Walaupun masjid ini tidak terlohat dari jalan utama, namun masjid ini cukup luas dan fasilitasnya lengkap. Maka tidak heran masjid besar ini kerap dikunjungi untuk beribadah, istirahat atau wisata religi.

7. Masjid Al Hikmah

Masjid Al Hikmah yang beralamat di Jalan Soka Nomor 18, Kertalangu, Denpasar Timur, Bali, memberi pesan untuk saling menghargai perbedaan. Masjid yang dibangun pada tahun 1978 menjadi daya tarik terntu.

Bangunan masjid ini didominasi dengan gaya arsitektur Bali yang khas dengan ukiran-ukiran, patung, hingga warna merah bata dan abu-abu. Detail dan lekukan bangunannya diukir menyerupai ukiran di Pura umat Hindu di Bali.

Bahkan banyak wisatawan asing yang berasal dari China, Jerman dan negara lainnya yang menjadikan masjid ini sebagai saksi mereka untuk masuk islam. Bahkan masjid ini sering dijadikan sebagai tempat akad nikah. (Ulf)



0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top