Ekonomi

Ilustrasi saham/Freepik

Apa Itu Indeks Harga Saham? Ini Pengertiannya yang Mudah Dipahami

Apa Itu Indeks Harga Saham? Ini Pengertiannya yang Mudah Dipahami

JAKARTA, spost.id- Indeks harga saham adalah suatu indikator yang menunjukkan pergerakan harga saham. Indeks berfungsi sebagai indikator tren pasar, artinya pergerakan indeks menggambarkan kondisi pasar pada suatu saat, apakah pasar sedang aktif atau lesu.

Dengan adanya indeks, kita dapat mengetahui tren pergerakan harga saham saat ini, apakah sedang naik, stabil atau turun.

Misal, jika pada awal bulan nilai indeks 300 dan saat ini di akhir bulan menjadi 360, kita dapat mengatakan bahwa secara rata-rata harga saham mengalami peningkatan sebesar 20%.

Indeks harga saham bukan merupakan instrumen yang dapat diperdagangkan di pasar modal. Namun indeks harga saham ini dapat digunakan sebagai dasar penerbitan instrument derivatif seperti kontrak berjangka indeks saham.

Dalam penerbitan instrumen kontrak berjangka indeks saham, indeks saham yang digunakan sebagai acuan adalah indeks saham unggulan seperti indeks LQ-45.

Pergerakan indeks menjad indikator penting bagi para investor untuk menentukan apakah mereka akan menjual, menahan atau membeli suatu atau beberapa saham. Karena harga-harga saham bergerak dalam hitungan detik dan menit, nilai indeks pun bergerak turun naik dalam hitungan waktu yang cepat pula. (ara)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top