Ekonomi

Ilustrasi saham/freepik

Kenali Setiap Tipe Investor, Kamu Termasuk yang Mana?

Kenali Setiap Tipe Investor, Kamu Termasuk yang Mana?

JAKARTA, spost.id- Para Investor dalam dunia pasar modal memiliki prefensi (trend) serta karakter yang berbeda satu sama lain, dan karena perbedaan inilah seorang manajer investasi diharuskan memahami dan menganalisis tipikal serta perilaku para investor di dalam aktivitas investasi (Tunjungsari, 2016).

Menurut Halim (2005) sebagaimana yang di kutip oleh Nurul Huda dan Mustafa Edwin Nation, memberikan definisi untuk setiap tipe investor sebagai berikut:

1. Investor yang suka terhadap risiko (Risk Seeker) Merupakan investor yang apabila dihadapkan pada dua pilihan investasi yang memberikan tingkat pengembalian yang sama dengan risiko yang berbeda, maka ia akan lebih suka mengambil investasi dengan risiko yang lebih besar.

2. Investor yang netral terhadap risiko (risk neutrality) Merupakan tipikal investor yang meminta kenaikan tingkat pengembalian yang sama untuk setiap kenaikan risiko. Investor dengan karakter tersebut lebih cenderung bersikap hati hati (prudent) dan fleksibel dalam meng-ambil keputusan investasi.

3. Investor yang tidak suka terhadap risiko (risk averter) Merupakan tipikal investor yang apabila di hadapkan pada dua pilihan investasi yang memberikan tingkat pengembalian yang sama dengan risiko yang berbeda, maka ia lebih cenderung mengambil investasi dengan risiko yang lebih kecil (Harahap, 2018). (ara)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top