Internasional

Ilustrasi vaksin cacar monyet. (Foto: Getty Images/Hollie Adams)

Siap-siap Australia Mulai Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 Bulan dan Balita

Siap-siap Australia Mulai Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 Bulan dan Balita

JAKARTA, spost.id- Program vaksinasi Covid-19 untuk bayi mulai dari usia enam bulan sampai di bawah lima tahun akan mulai dilaksanakan di Australia, September mendatang.

Rencana ini membuat Australia menjadi negara yang melaksanakan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak lebih cepat dibanding negara lain.

"Melihat keberadaan kelompok terbatas dari anak-anak yang rentan terhadap gejala berat [akibat Covid-19], kami percaya ini [vaksinasi] merupakan tindakan yang masuk akal," ujar Menteri Kesehatan Australia, Mark Butler, di Canberra pada Rabu (3/8/2022).

"Ini merupakan hak bagi orang tua untuk memutuskan [penerimaan vaksin pada anak], dan saya mengerti bila mereka memiliki sejumlah pertanyaan untuk dikonsultasikan dengan praktisi medis," lanjut Butler.

Namun, sampai hari ini Butler mengatakan jika tingkat vaksinasi pada anak lima sampai 11 tahun sampai saat ini masih stagnan. Hanya 40 persen kelompok anak usia tersebut telah menerima dua dosis vaksin.

Kelompok Penasihat Teknis Australia untuk Imunisasi (ATAGI) telah merekomendasikan sekitar 70 ribu anak di rentang usia tersebut untuk mendapatkan vaksin Moderna mulai 5 September.

ATAGI menganggap bayi 6 bulan sampai di bawah lima tahun memiliki risiko tinggi mengalami gejala berat Covid-19.

Meski begitu, anak-anak yang boleh menerima vaksin adalah terbatas bagi yang memiliki gangguan imun, difabel, pun memiliki kondisi kesehatan kompleks yang dapat meningkatkan risiko tertular Covid-19. (dav)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top