Internasional

Kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut Cina Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan dan Filipina, mengantisipasi serangan China sehubungan dengan kunjungan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi ke Taiwan. Foto: Internet

China Usir Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Taipe, 4 Kapal Induk Paman Sam Berangkat ke Selat Taiwan

China Usir Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Taipe, 4 Kapal Induk Paman Sam Berangkat ke Selat Taiwan

JAKARTA, spost.id- Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengerahkan empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, di perairan timur Taiwan, saat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi dikabarkan menuju ke Taipei hari ini, Selasa (2/8/2022).

Seorang pejabat Angkatan Laut AS mengonfirmasi kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut Cina Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan dan Filipina.

Kapal Reagan yang berbasis di Jepang beroperasi bersama kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal perusak USS Higgins.

"Meskipun mereka dapat menanggapi kemungkinan apa pun, ini adalah penyebaran rutin yang normal," kata pejabat Angkatan Laut AS itu yang tidak ingin disebutkan identitasnya, yang dikutip dari Reuters.

Pejabat itu menambahkan, kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu, sebagai bagian dari pengerahan ke wilayah tersebut yang dimulai pada awal Mei lalu dari pelabuhan asalnya di San Diego, California, Amerika Serikat.

Sementara menurut sumber-sumber lainnya mengungkapkan, Nancy Pelosi diperkirakan akan tiba di Taipei pada malam ini, saat AS mengatakan tidak akan terintimidasi oleh gertakan China atas kunjungan Pelosi ke Taiwan. (cen)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top