Travel

Destinasi WIsata di Purwakarta ( Foto: Antara)

Wajib Mampir! Ini 8 Rekomendasi Wisata Hits dan Low Budget di Purwakarta

Wajib Mampir! Ini 8 Rekomendasi Wisata Hits dan Low Budget di Purwakarta

PURWAKARTA, spost.id- Pesona indahnya Purwakarta menjadikan destinasi wisata di kota ini semakin dilirik wisatawan. Banyak beragam objek wisata yang bisa dinikmati mulai dari dataran tinggi, danau, daratan dan gunung.

Maka, tidak heran jika Purwakarta sering dijadikan tempat pelarian untuk melepas penat. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta dan Bandung,

Purwakarta merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan Waduk Jatiluhur dan wisata kuliner Sate Marangginya. Namun tak hanya itu, di Kabupaten ini juga tentu masih banyak wisata yang menarik lainnya.

Berikut 8 destinasi wisata Purwakarta yang hits, instagramable dan low budget.

1. Hidden Valley Hills

Destinasi wisata Hidden Valley Hills ini sedang hits di Purwakarta karena menawarkan beberapa vila, resort dan sky pool. Walaupun kawasan ini masih dalam tahap renovasi, tapi jangan salah, pengunjungnya tidak henti hilir mudik berdatangan ke objek wisata yang Instagramable ini.

Banyak spot foto yang bisa jadi pilihan, mau renang atau sekadar bersantai pun boleh. Apalagi pemandangan dari Hidden Valley Hills ini langsung ke Gunung Lembu, Gunung Cupu, dan Gunung Parang. Bikin betah, udara di sini sejuk banget.

Lokasi: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani. Purwakarta, Jawa Barat

2. Sate Maranggi Haji Yetty

Tak heran, banyak orang yang sengaja datang ke Purwakarta hanya untuk menikmati Sate Maranggi asli Purwakarta. Dengan cita rasanya yang otentik, membuat siapapun akan ketagihan dengan Sate Maranggi.

Warung Sate Maranggi Haji Yetty sudah berdiri sejak tahun 1985 dan berada di Cibungur, Purwakarta.

Untuk melayani pelanggan yang datang ke Sate Maranggi Haji Yetty, setiap harinya warung sate ini menghabiskan sekitar 4 kuintal daging sapi dan kambing. Bahkan jika hari libur, Sate Maranggi Haji Yetty ini bisa menjual hingga 2 ton daging sapi dan daging kambing.

3. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Ikon Kota Purwakarta ini sering disandingkan dengan Time of Wings Singapura, bahkan lebih dari itu. Tidak hanya itu, Taman Air Sri Baduga resmi menjadi air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Taman Air Mancur Sri Baduga cocok dijadikan sebagai wisata malam di Purwakarta. Menikmati air terjun yang menari-nari mengikuti irama musik, dihiasi kerlap-kerlip lampu dengan paduan warna yang cantik.

Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

4. Goa Jepang & Goa Belanda Purwakarta

Masih banyak yang belum tahu jika Purwakarta memiliki jejak historistas bangsa Indonesia akibat kekejaman masa penjajahan Jepang. Ada salah satu bukti yang menjadi saksi bisu atas kekejaman penjajah Jepang terhadap warga Purwakarta yang mempekerjakan mereka secara paksa dan tidak manusiawi.

Yakni Goa Jepang & Goa Belanda yang memiliki kedalaman 300 meter, tinggi 1,5 meter, dan lebar 2 meter yang terletak di Gunung Gokaramai. Meskipun kini kondisinya terlihat kurang terawat tapi masih ada wisatawan yang berkunjung ke goa ini.

Alamat: Desa Pusakamulya Kiarapedes, Purwakarta

5. Curug Pamoyanan Indah

Curug yang memiliki tinggi sekitar 25 meter ini konon merupakan tempat berjemurnya harimau-harimau hutan. Tak mengherankan jika dalam bahasa sunda, Pamoyanan berarti tempat berjemur.

Air curug yang berwarna biru kehijauan ini memiliki aliran air menyebar atau melebar luas. Selain itu ada dibawah air terjun terdapat semacam kolam alami yang sangat cocok untuk berenang dan bermain air.

Alamat: Desa Pusakamulya Kiarapedes, Purwakarta

6. Waduk Jatiluhur

Pasti sudah tidak asing lagi dengan Waduk Jatiluhur di Purwakarta ini, bahkan menjadi destinasi wisata wajib dikunjungi bila bersambang ke Purwakarta.

Air yang tenang dipadukan dengan pepohonan yang rindang, bikin betah berlama-lama di sini. Apalagi ada beberapa spot foto, seperti rumah pohon, balkon, ujung perahu, dan tangga berputar.

Biasanya pengunjung akan ramai berdatangan ke Waduk Jatiluhur ini pada akhir pekan untuk berolahraga atau sekadar bersantai melepas penat.

Alamat:Kecematan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

7. Gunung Lembu

Gunung Lembu hanyalah satu dari sekian banyak wisata alam di Purwakarta. Tak hanya Gunung Lembu, sebenarnya, masih banyak gunung terkenal lainnya di Purwakarta.

Namun gunung ini cocok bagi pendaki pemula karena gunung ini tidak terlalu tinggi. Treknya pun cocok bagi pendaki pemula yang belum pernah mencoba pendakian sebelumnya.

Panorama alam yang indah membuat siapapun yang mendaki Gunung Lembu ini tidak akan membuat menyesal. Apalagi mendakinya pada pagi hari atau sore hari, kamu akan melihat keindahan sunset dan sunrise dari puncak Gunung Lembu

Alamat: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

8. Desa Sajuta Batu

Destinasi wisata terakhir yaitu Desa Sajuta Batu, sesuai dengan namanya kawasan ini memiliki hamparan batu alam dari yang kecil hingga gunung andesit dengan tinggi sekitar 900 mdpl. Tak hanya itu, disini juga anda akan dimanjakan dengan panorma hijau yang menakjubkan dengan dikelilingi gunung yang tinggi bahkan sampai ke batas awan.

Awalnya, pesona Desa Sajuta Batu terkenal sebagai lokasi panjat tebing. Namun setelah dengan banyaknya spot yang menarik lainnya di lokasi ini, maka dibuatlah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Sajuta Batu, seperti cagar budaya, arena rock climbing, memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, dan olahraga offroad.

Alamat: Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (ulf/nda)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top