Travel

Ilustrasi Kapal (Freepik)

Wow! Indahnya Bangkai Kapal Liberty di Laut Tulamben Bali Bikin Nggak Mau Pulang

Wow! Indahnya Bangkai Kapal Liberty di Laut Tulamben Bali Bikin Nggak Mau Pulang

BALI, spost.id- Pulau Bali bagian timur sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya apalagi di pantai Tulamben. Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai Tulamben Bali menjadi destinasi wisata terbaik untuk rekreasi diving.

Pantai Tulamben Bali sudah terkenal di kalawangan wisatawan, terutama bagi wisatawan asing dari benua Eropa. Para wisatawan tersebut memang sebagian besar memiliki hobi petualangan terutama pada wisata bahari bawah laut.

Lokasi Tulamben Beach ini berada di bagian Timur Pulau Dewata dan di arah Utara Gunung Agung. Tepatnya berada di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Untuk menuju ke sini, Anda membutuhman waktu sekitar 2,5 jam atau sekitar 102 kilometer dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Berbeda dengan gang lainnya, pantai ini tidak menyuguhkan hamparan pasir putih yang indah. Namun hanya memiliki hamparan bebatuan hitam berukuran kecil.

Namun jangan salah, daya tarik utama pada pantai ini justru keindahan yang berada di bawah lautnya.

Apalagi, ada beberapa keunikan yang dapat dinikmati di pantai ini, seperti penampakan kapal Liberty jenis USAT (US Army Transport) yang karam pada tahun 1942. Kapal USAT Liberty karam karena ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada perang dunia ke-2.

Bangkai kapal USAT Liberty berada pada kedalaman 30 meter dari permukaan laut dan menjadi spot menyelam terbaik di Pantai Tulamben. Dari pesisir pantai, jarak bangkai kapal USAT Liberty sekitar 25 meter dan biasanya penyelam akan menggunakan perahu dari pesisir pantai menuju lokasi bangkai kapal.

Di area kapal USAT Liberty ini para penyelam pernah bertemu dengan berbagai macam ikan seperti Mola Mola, Hiu Martil bahkan Paus Hiu. Tidak hanya itu ada terumbu karang, ikan-ikan hias, plankton, rumput laut dan kehidupan alam laut lainnya.

Lokasi bangkai kapal USAT Liberty di Desa Tulamben sebagai salah satu tempat penyelaman terbaik di Bali. Selain bangkai kapal USS Liberty, terdapat sejumlah titik penyelaman di objek wisata Tulamben Bali seperti; Tulamben Wall, Suci"s place, matahari reef dan paradise reef.

Untuk menikmati objek wisata Tulamben Bali, tidak cukup hanya sehari saja, apalagi untuk penyelaman di area bangkai kapal USSAT Liberty setidaknya harus menyelam selama 2 hari untuk dapat melihat semua sisi kapal karam.

Bagi yang hobi menyelam, melihat bangkai kapal Liberty di Tulamben merupakan suatu keharusan jika memiliki hoby menyelam dan sedang liburan di Bali.

Namun jika seorang penyelam pemula bisa menyelam di kedalaman 20 meter, sedangkan seorang penyelam yang sudah banyak pengalaman dapat menyelam dikedalaman 30-35 meter.

Jika berminat untuk snorkeling di Pantai Tulamben, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp500.000 per orang. minimal harus 2 orang yang ikut snorkeling. Harga tersebut sudah termasuk pemandu yang akan menjamin keamanan selama snorkeling.

Sedangkan untuk Wreck Diving di Tulamben Aqua Marine Bali dikenakan biaya sebesar USD125 per orang selama 1 hari, minimal pemesanan 2 orang penyelam. Harga tersebut sudah termasuk penjemputan dan pengantaran ke hotel, makan siang dan minuman, pemandu selam bersertifikat PADI dan asuransi untuk penyelaman. (ulf/nda)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top