Internasional

Ilustrasi - Bendera China dan Taiwan. (ANTARA/Reuters/Dado Ruvic/as)

Taipei Siap Siaga Usai Rudal Balistik Dongfeng China Hantam Perairan dekat Taiwan

Taipei Siap Siaga Usai Rudal Balistik Dongfeng China Hantam Perairan dekat Taiwan

JAKARTA, spost.id- Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan mengungkapkan bahwa negaranya telah mengaktifkan sistem pertahanan untuk mencegah penembakan rudal balistik oleh China, Kamis (4/8/2022).

Hal ini disampaikan Kemhan Taiwan usai mendengar kabar latihan militer China termasuk peluncuran sejumlah rudal balistik jenis Dongfeng ke perairan dekat Taiwan.

"PLA (Tentara Pembebasan Rakyat China-red) telah meluncurkan sejumlah rudal balistik DF (Dongfeng-red) di perairan timur laut dan barat daya kami sejak pukul 13.56, sementara sistem pertahanan kami telah diaktifkan," demikian pernyataan dari Kemhan Taiwan dalam pernyataan Twitter.

Adapun kecaman yang dilontarkan oleh kemhan Taiwan, ia menilai tindakan itu sebagai tindakan yang tak rasional sehingga dapat memicu kereusakan perdamaian regional.

"Kami mengecam aksi irasional itu, yang telah membahayakan perdamaian regional," lanjut badan itu.

Selain itu, China juga telah memulai latihan militer terbesarnya yang mengelilingi Taiwan pada hari ini, Kamis (4/8/2022).

Latihan militer ini dimulai sekitar pukul 12.00 waktu setempat dan melibatkan "tembakan langsung."

Latihan ini dilakukan beberapa hari setelah kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Kunjungan Pelosi menuai kecaman dari Beijing. China bersumpah bakal menghukum tindakan tersebut pun melangsungkan latihan militer di sekitar Taiwan. (jri)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top