Kesehatan

Puri Saren Agung Bali (Freepik)

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Istana Kuno di Puri Saren Agung Ubud

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Istana Kuno di Puri Saren Agung Ubud

BALI, spost.id- Jika sedang berlibur di Bali biasanya yang menjadi tujuan utama yakni ke destinasi wisata seperti pantai atau restoran. Namun rasanya tidak lengkap jika ke Bali kalau tidak mengujungi peninggalan budaya leluhur yang masih bernilai tinggi dan bertahan hingga saat ini.

Salah satu peninggalannya yakni Pura Saren Agung atau Pura Ubud, merupakan sebuah istana sebagai pusat pemerintahan kerajaan yang berkuasa pada masanya. Dari sinilah, perjalanan parawisata di kawasan ubud di mulai.

Destinasi wisata Pura Sareng Agung ini sering dipentaskan berbagai jenis tari tradisional Bali pada malam hari. Bangunannya pun menyimpan banyak cerita sejarah dari masa Bali Kuno sampai saat ini masih terjaga dengan baik, Dari segi bentuk, desain serta ciri khas bangunan tradisionalnya.

Pada saat memasuki gapura paduraksa Puri Ubud ini pasti sudah merasakan kemegahan bangunan tersebut. Sejumlah ukuran dan relief dinding menjadi orname dominan pada setiap dindingnya. Begitu juga patung-patung yang berdiri kokoh mengapit setiap pintu masuk puri yang berhiasi ukuran tradisional khas Bali yang dilapisi warna emas,

Konon katanya, Pura Sagen Agung atau Pura Ubud ini dibangun oleh Tjokorda Ida Putu Kandel pada tahun 1800-1823 M pada pemerintahan raja. Maka dari itu Puri Sagen Agung atau Pura Ubud ini bisa terbilang istana kuno bersejarah.

Koleksi bendanya pun memiliki nilai estetika yang tinggi, bangunan tradisional Bali terlihat arstistik, menawan dan menyimpan berbagai kenangan sejarah peninggalan masa lalu.

Jika berkunjung ke Puri Ubud dan ingin menikmati berbagai pementasan tarian khas Bali. Anda bisa datang setiap hari pukul 19.30 WITA dan setiap harinya ada pementasan kesenian tradisional yang dipertunjukan di Puri Saren Agung ini biasa ditampilkan yakni:

• Hari Minggu = Tari Legong Mahabarata

• Hari Senin = Tari Legong

• Hari Selasa = Tari Ramayana Ballet

• Hari Rabu = Tari Legong dan Tari Barong

• Hari Kamis = Tari Legong

• Hari Jumat = Tari Barong dan Keris

• Hari Sabtu = Tari Legong

Puri Saren Agung ini tempatnya sangat strategis, berada di pusat kota Ubud dan dekat dengan jalan raya utama. Tepatnya berada di Kabupaten Gianyar, Bali. Jika dari Denpasar menempuh waktu sekitar 45 menit. Sedangkan jika dari pusat-pusat pariwisata di Bali Selatan seperti Kuta, Jimbaran dan Nusa Dua cukup dekat lokasinya dengan Puri Saren Agung.

Selain itu dekat dengan pasar seni Ubud, Bukit Campuhan, Wisata Naik Gajah, Rekreasi Ayung Rafting, Goa Gajah, Gunung Kawi dan Pura Tirta Empul. (ulf)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top