Fesyen

Wisata Kota Solo (Foto: Antara)

Catat! Ini 7 Destinasi Wisata Instagramable di Solo yang Wajib Dikunjungi!

Catat! Ini 7 Destinasi Wisata Instagramable di Solo yang Wajib Dikunjungi!

SOLO, spost.id- Salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Tengah ini dijuluki sebagai kota budaya. Kota yang menyimpan segudang panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapapun yang melihatnya.

Wajar jika Solo memiliki julukan kota budaya lantaran ada keraton, peninggalan Kesultanan Mataram yang terpecah melalui Perjanjian Giyanti tahun 1755 silam. Dengan adanya keraton yang menyimpan banyak sejarah dan tentunya budaya dari nenek moyang zaman dahulu.

Maka tak heran jika kota ini banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung kesini hanya karna ingin belajar dan melihat langsung peninggalan-peninggalan sejarah ada di kota Solo.

Tak ayal, kota yang dikenal sebagai kampung halaman Presiden Indonesia saat ini yaitu Joko Widodo ini begitu populer, tak hanya di Indonesia melainkan di mancanegara.

Kota yang sangat dekat sekali dengan Yogyakarta, memiliki segudang tempat wisata yang menawan dan kental dengan budaya. Tidak hanya itu, kota ini pun memiliki destinasi wisata yang instagramable. Yuk! Simak beberapa rekomendasi destinasi wisata di Solo.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Destinasi wajib dikunjungi jika sedang berada di Solo. Keraton Surakarta Hadiningrat ini tempat yang paling terkenal di Solo dan bersejarah, menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Jika ingin berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat ini harus menaati berbagai aturan yang wajib ditaati karena lingkungan keraton sangat terjaga. Anda bisa berkunjung di hari Senin hingga Kamis, pukul 09.00 hingga 14.00. Sedangkan hari Jumat, tidak menerima kunjungan wisata.

Alamat : Jalan Sidikoro, Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Masjid Agung Surakarta

Masjid yang tidak jauh dari Keraton Surakarta Hadiningrat ini memiliki sejarah panjang tentang peradaban islam pertama di kota Solo.

Terkenal dengan Mesjid Keraton Solo berada di sekitar alun-alun utama dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti poliklinik, perpustakaan dan serambi untuk beristirahat sejenak.

Alamat : Jl. Masjid Agung No.1, Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

3. Vihara Dhamma Sundara

Salah satu Vihara yang ada di Kota Solo ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat Budha saja, melainkan digunakan juga sebagai tempat wisata.

Vihara Dhamma Sundara ini memilki sebuah candi yang berwarna putih dengan hiasan dua stupa gajah. Jika sedang berada di viraha ini sekilas terasa seperti berada di Thailand.

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 223 B, Pucangsawit, Jebres, Surakarta.

4. De" Tjolomadoe

Tempat wisata yang lagi hits di Solo berasal dari bangunan bekas pabrik gula warisan Hindia Belanda ini sedang ramai di media sosial.

Awalnya bernama Pabrik Gula Colomadu, yang didirikan tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV. Setiap sudut dari De Tjolomadoe ini memang sangat Instagramable, maka tidak heran banyak muda mudi yang berdatangan ke De" Tjolomadoe ini.

Tempat wisata di Solo ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, dengan harga tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang.

Alamat : Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

5. The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace mengunsung konsep nuansa Eropa klasik. Tempat ini juga termasuk dalam kawasan bangunan bekas pabrik gula Belkamu daritagun 1892 yang direvitalisasi menjadi tempat wisata.

Tempat wisata ini menawarkan spot foto yang menarik, anda bisa swafoto dengan berbagai kostum yang disewakan untuk menambah kesan di luar negeri. Untuk harga tiket masuknya dibandrol sebesar Rp55.000 per orang.

Alamat : Jl. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kartasura.

6. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata di Solo selanjutnya yakni Grojogan Sewu Tawangmangun, menawarkan pemandangan air terjun yang menyegarkan dipadukan dnengan tebing yang hijau. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dengan rutinitas sehari-hari.

Tiket masuk Grojogan Sewu Waeamangun ini sangat terjangkau, hanya sebesar Rp18.000 per orang.

Alamat : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

7. Pasar Klewer

Destinasi terakhir yang wajib dikunjungi di Solo yaitu Pasar Klewer. Pasar tradisional di Kota Solo ini terkenal sebagai pusat batik, tekstil dan garmen. Tidak hanya itu, pasar ini juga menjual berbagai busana lainnya seperti batik, kaos oblong, pakaian tradisional, blangkon hingga pakaian masa kini.

Pasar ini sering dijadikan destinasi wajib bagi para pelancong. Lokasinya sangat strategis dan berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Agung Surakarta.

Alamat : Jl Dr Radjiman No 5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. (ulf/nda


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top