Nasional

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

Jokowi: Saya Ngeri Tengok Situasi Dunia Terkini

Jokowi: Saya Ngeri Tengok Situasi Dunia Terkini

JAKARTA, spost.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terbuka mengatakan bahwa dunia kini dalam kondisi yang mengerikan. Hal tersebut tak lepas dari berbagai dinamika yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Jokowi mengatakan saat memberikan sambutan dalam Silatnas dan Ultah ke 19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

"Ini kondisi yang sangat boleh saya sampaikan, dunia pada kondisi yang mengerikan," kata Jokowi.

Jokowi pun mengatakan bahwa situasi semua negara dalam keadaan tidak mudah. Jokowi mendapatkan informasi dari sejumlah lembaga internasional, ada sekitar 66 negara yang akan ambruk ekonominya karena diterpa sejumlah krisis.

"Sekarang sudah mulai satu per satu, angkanya adalah sembilan, kemudian 25, kemudian 42, mereka detail mengkalkulasi," kata Jokowi.

Situasi pun bertambah pelik. Jokowi mengatakan, saat ini sudah ada 320 juta orang di dunia yang dalam posisi menderita karena kelaparan akut, di mana sebagian orang sudah merasakannya. Belum lagi ditambah dengan ekonomi di sejumlah negara yang terkontraksi.

"Ini saya sampaikan apa adanya, karena posisi pertumbuhan ekonomi bukan hanya turun tapi anjlok semuanya. Singapura, Eropa, Australia, Amerika, semuanya," jelasnya.

Jokowi mengatakan, saat pertumbuhan ekonomi sejumlah negara mengalami kontraksi, mereka juga dihadapkan pada laju inflasi yang tinggi. Situasi ini tentu berdampak pada kenaikan harga barang-barang terutama barang konsumsi.

"Pertumbuhan ekonomi turun tapi inflasi naik, harga barang semua naik. [...] Amerika yang biasa kenaikan barang atau inflasi 1% hari ini di posisi 9,1%, bensin naik 2x lipat, Eropa juga sama," tandasnya. (dav)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top