Olahraga

Pemain Chelsea Cesar Azpilicueta (kanan) berebut bola dengan dua pemain Leicester City Harvey Barnes dan Luke Thomas pada pertandingan lanjutan Liga Premier di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Kamis (19/5/2022). Leicester City tahan imbang Chelsea 1-1. ANTARA FOTO/Action Images/Andrew Boyers/via REUTERS/wsj.

Ini Daftar Klub Liga Inggris Paling Boros dalam Bursa Transfer 2022/23

Ini Daftar Klub Liga Inggris Paling Boros dalam Bursa Transfer 2022/23

JAKARTA, spost.id- Saat ini klub loga Inggris masih terus berlomba untuk berburu pemain di bursa transfer menatap musim baru. Berikut daftar klub liga Inggris yang dapat dikatakan paling boros di musim 2022/2023.

Bursa transfer liga Inggris pada musim ini dibuka hingga 1 September. Sepanjang dibukanya kesempatan tersebut, membuat setiap klub masih punya banyak waktu untuk mendatangkan pemain idaman.

Hingga saat ini, sudah ada nama-nama bintang yang ikut meramaikan pemberitaan bursa transfer. Nama-nama tersebut adalah Erling Haaland, Kalidou Koulibaly, Lisandro Martinez, hingga Darwin Nunez.

Klub yang mendatangkan pemain bintang ternyata belum tentu masuk ke dalam jajaran tim yang paling dalam merogoh kocek.

Sebab ada klub yang mendatangkan pemain non bintang namun sudah menghabiskan dana besar karena jumlah orang yang direkrut cukup banyak.

Berikut lima klub Liga Inggris paling boros di musim 2022/2023:

1. Arsenal

Arsenal tercatat menjadi klub Liga Inggris yang paling boros pada bursa transfer kali ini. Per Juli 2022, The Gunners sudah menghabiskan 118,86 juta poundsterling atau sebanding dengan Rp2,1 triliun.

Biaya paling mahal adalah saat Arsenal merekrut Gabriel Jesus dari Manchester City dengan mahar 46,9 juta poundsterling (Rp853,2 miliar).

Meriam London juga mendatangkan eks pemain Manchester City selain Jesus, yakni Oleksandr Zinchenkho. Arsenal berhasil mendapat tandatangan bek asal Ukraina itu dengan harga 31,5 juta poundsterling.

Selain itu, klub London Utara mendatangkan Fabio Vieira dari Porto dengan mahar 31,5 juta poundsterling. Kemudian ada Matt Turner dari klub MLS New England (5,7 juta poundsterling) dan Marquinhos dari Sao Paulo dengan 3,1 juta poundsterling.

Arsenal ingin memperbaiki reputasi mereka sebagai klub besar Liga Inggris. Berjaya di Liga Europa adalah salah satu tujuan klub di musim 2022/2023.

2. Manchester City

Manchester City menjadi klub Liga Inggris kedua yang paling boros. Total dana 97,87 juta poundsterling atau sebanding dengan Rp1,78 triliun dihabiskan mereka.

Uang itu hanya dipakai untuk mendatangkan dua pemain. Status bintang menjadi alasan The Citizens harus menguras dana demi sosok anyar.

Man City mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund dengan biaya 54 juta poundsterling. Kemudian mereka merekrut Kalvin Phillips dari Leeds United dengan harga 43,8 juta poundsterling.

Tim besutan Pep Guardiola itu ingin mempertajam lini depan usai Man City ditinggal Kun Aguero dan Gabriel Jesus. Target mempertahankan gelar Premier League menjadi keharusan.

Kemudian kedatangan Kalvin Phillips diharapkan dapat memperkaya dinamika lini tengah Man City. Gelandang bertahan menjadi salah satu posisi yang harus diisi setelah ditinggal Fernandinho.

3. Leeds United

Leeds United tak ingin dipandang sebelah mata usai promosi ke Premier League pada 2020 lalu. Meski hanya berkutat di papan tengah The Whites belanja cukup banyak musim ini.

Langkah tersebut dibuktikan dengan memborong pemain baru. Sejauh ini Leeds sudah mendatangkan tujuh pemain anyar di bursa transfer 2022.

Pembelian besar-besaran itu membuat Leeds sudah menghabiskan anggaran sebesar 97,78 juta poundsterling atau Rp1,77 triliun.

Pemain yang dibeli dengan harga paling mahal adalah eks gelandang RB Salzburg, Brenden Aaronson dengan harga 29,5 juta poundsterling.

Kemudian enam pemain lainnya adalah Luis Sinisterra (Feyenoord), Tyler Adams (RB Leipzig), Rasmus Kristensen (RB Salzburg), Marc Roca (Bayern Munchen), dan Darko Gyabi (Manchester City U-23).

4. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur mendatangkan enam pemain baru hingga Juli 2022. Mereka benar-benar ingin bersaing di papan atas Liga Inggris.

The Lilywhites sudah menggelontorkan 91,7 juta poundsterling atau setara dengan Rp1,6 triliun. Biaya tersebut dikeluarkan untuk merekrut tiga pemain.

Pemain yang paling mahal adalah Richarlison yang diboyong dari Everton dengan harga 52,2 juta poundsterling. Kemudian ada Yves Bissouma dari Brighton dengan 26,2 poundsterling. Berikutnya nama pemain muda Djed Spence dari Middlesbrough dengan biaya 13,2 juta poundsterling.

Pemain lainnya yakni Ivan Perisic dan Fraser Forster didapatkan secara free transfer. Sedangkan Clement Lenglet dipinjam dari Barcelona.

Kehadiran pemain baru yang berpengalaman membuat Tottenham layak menjadi tim yang harus diwaspadai. Bukan tak mungkin mereka bakal memberi kejutan di akhir musim.

5. Nottingham Forest

Siapa sangka tim promosi Nottingham Forest menjadi salah satu tim paling jor-joran di bursa transfer. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa mereka benar-benar serius menghadapi Premier League.

Tim yang sudah dua kali meraih trofi Liga Champions itu mendatangkan total 12 pemain baru. Tak ayal langkah tersebut membuat Nottingham sudah menghabiskan dana sebesar 85,2 juta poundsterling atau Rp1,5 triliun.

Biaya paling besar dipakai untuk mendatangkan eks striker Union Berlin, Taiwo Awoniyi dengan mahar 18,4 juta poundsterling. Mereka juga merekrut mantan bek Liverpool Neco Williams dengan harga 18 juta poundsterling.

Taktik cerdik juga dilakukan Nottingham dengan meminjam Jesse Lingard dan Dean Henderson dari Manchester United.

Siasat Nottingham menjadi hal yang menarik disaksikan saat kembali ke Premier League usai 23 tahun absen di kasta tertinggi sepak bola Inggris. (nda)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top