Travel

Layangan Kaghati Kolope (Kemenparekraf.go.id)

Wuih, Layangan Pertama dan Tertua di Dunia Ternyata ada di Indonesia

Wuih, Layangan Pertama dan Tertua di Dunia Ternyata ada di Indonesia

SULAWESI TENGGARA, spost.id- Layangan tradisional suku Muna yakni Kaghati Kolope memiliki perbedaan dengan layangan yang biasanya. Layangan ini terbuat dari daun kolope atau umbi hutan sebagai bahan utamanya.

Walaupun Layangan tradisional ini terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Seperti kulit bambu untuk rangka, dan serat nanas hutan yang sudah dipintal menjadi tali. Seluruh bahan diolah secara alami hingga menjadi layangan yang tahan air. Sangat unik sekali Layangan tradisional dari suku Muna ini.

Kaghati Kolope ini ternyata sudah berumur 4000 tahun silam. Kini, sudah banyak para ahli yang mempercayai bahwa layang-layang di dunia dibuat di bagian ujung tenggara pulau Sulawesi.

Kaghati Kolope merupakan kekayaan budaya suku Muna dan menjadi simbol kemajuan perabadan yang bikin bangga hingga saat ini. Tak heran jika pemerintah Kabupaten Muna, diminta mengusulkan "Kaghati Kolope: menjadi warisan dunia kepada badan budaya dunia atau UNESCO

Layangan Purba ini ternyata memiliki nilai seni tersendiri. Apalagi layangan yang terbuat dari daun ini menjadikan layangan daun tertua dan pertama di dunia. Oleh karena itu, Kaghati Kolope harus bisa menjadi sarana ekonomi kreatif bagi pelaku usaha dan masyarakat Muna. (Ulf)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top