Hiburan

Demi keselamatan jamaah umrah Indonesia, Kementerian Agama menunda keberangkatan jamaah umrah hingga 2022. Foto: Muh Iqbal Marsyaf/kilat.com

Geger! Jemaah Umrah Wanita Kenakan Baju Ihram Pria

Geger! Jemaah Umrah Wanita Kenakan Baju Ihram Pria

JAKARTA, spost.id- Video di Twitter yang memperlihatkan seoarang jemaah umrah di Mekah membuat geger masyarakat Malaysia. Pasalnya, orang tersebut dikabarkan seorang wanita namun mengenakan pakaian ihram yang seharusnya dipakai pria.

Masyarakat Malaysia menyebut orang tersebut sebagai wanita yang mirip dengan pria. Orang tersebut berambut pendek mengenakan kacamata, masker dan karena mengenakan ihram, hingga bahunya terlihat. Orang tersebut terlihat selfie memvideokan dirinya di dekat Ka'bah.

Video tersebut membuat Menteri Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Malaysia Datuk Idris Ahmad angkat bicara. Ia menyebut, jika benar apa yang disebutkan itu terjadi, ia akan menindak tegas orang tersebut.

"Saya prihatin dengan tuduhan yang telah menyebar yang melaporkan seorang wanita melakukan umrah, tetapi mengenakan ihram seorang pria. Masalah ini menyangkut hukum agama. Tindakan tegas akan diambil," ujarnya.

Ia mengaku sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri (KDN). Dia meminta KDN untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kedatangan orang tersebut di Malaysia nanti.

"Saya juga telah menghubungi MOTAC (Kementerian Pariwisata Seni dan Budaya Malaysia) untuk memastikan bahwa jika ini benar, tindakan tegas juga akan diberikan kepada agensi yang mengurusi individu tersebut," ujarnya.

Selain itu, video tersebut juga membuat netizen Malaysia bersuar. Ada yang sampai mendoakan orang itu langsung terkena azab dari Allah SWT.

Dari Arab Saudi, umrah kini sudah bisa dibuka kembali. Jemaah juga sudah bisa beribadah di Masjidil Haram, termasuk mencium Hajar Aswad. Selama ini jemaah dilarang untuk mencium Hajar Aswad untuk mencegah penularan virus Corona.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan semua jenis visa untuk bisa melakukan ibadah umrah. Termasuk untuk visa turis juga diizinkan untuk melakukan umrah.

Kementerian Agama Indonesia, menjelaskan saat ini semua jenis visa bisa melakukan umrah di Arab Saudi, artinya orang yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umrah, juga dapat beribadah umrah.


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top