Travel

Desa Wisata Penglipuran Bali (Foto: Antara)

Bikin Betah, 5 Desa Wisata Hits di Bali yang Memikat Hati

Bikin Betah, 5 Desa Wisata Hits di Bali yang Memikat Hati

BALI, spost.id- Pesona Keindahan Bali, sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berbondong-bondong untuk datang ke Bali hanya untuk berlibur.

Keindahan alam pantai, laut, pegunungan dan persawahan yang menjad daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan ragam keindahan alam pedesaan yang membuat suasana desa menjadi asri, tenang dan unik yang menjadi daya tarik utama dari beragamnya warisan budaya dan tradisi yang dilestarikan sejak zaman Bali Tempo hingga saat ini.

Bahkan saat ini Jumlah Desa Wisata di Pulau Bali meningkat secara signifikan. Tercatat pada tahun 2022, setidaknya terdapat 294 Desa Wisata di seluruh wilayah Pulau Dewata.

Berikut ini beberapa desa wisata hits di Bali yang wajib dikunjungi:

1. Desa Wisata Penglipuran

Desa Penglipuran menawarkan pemandangan alam pedesaan yang indah, asri dan unik. Desa wisata ini tertata dengan rapih menjadi sebuah pemukiman yang berbeda dan khas di pulau Bali. Setiap rumah minimal memiliki bagunan adat dengan luas yang sama, pintu gapura tradisional yang sama, atap bambu dan dinding tanah liat. Rumah tradisional Bali ini merupakan warisan Bali kuno dari zaman dahulu.

2. Desa Wisata Renganan, Karangasem

Desa wisata ini terletak di wilayah Bali Timur, Tenganan merupakan salah satu desa Bali Aga atau desa adat Bali Kuno yang masih mempertahankan budaya dan tradisi unik warisan tempo dulu. Desa adat Tenganan masih mempertahankan rumah-rumah tradisional yang merupakan warisan budaya Bali kuno. Dan memiliki tradisi unik yang dikenal dengan Perang Pandan (mekare-kare) yang menjadi atraksi wisata tahunan yang diminati wisatawan.

3. Desa Wisata Tabola Sidemen

Desa wisata di wilayah Bali Timur ini cukup populer di pulau Bali. Lokasi destinasi wisata ini di Banjar Tabola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Kab. Karangasem, pesona alam sawah yang disuguhkan mengagumkan apalagi desa ini dikelilingi Gunung Agung.

4. Desa Wisata Sambangan

Keindahan kawasan Bali Utara memang lebih banyak didominasi dengan keberadaan air terjun, seperti salah satunya di desa adat Sambangan, di tempat ini terdapat 7 buah air terjun. Bahkan terkenal dengan Sambangan Secret Garden, yang sekarang ini menjadi tujuan trekking yang hits dan populer di wilayah Bali Utara.

5. Desa Budaya Kertalangu, Denpasar

Terletak di kawasan Denpasar Timur, desa wisata Kertarang berada di seberang kota Denpasar dan biasanya selalu ramai dengan aktivitas. Kampung budaya di Kertarang ini merupakan ruang terbuka hijau yang menawarkan berbagai aktivitas rekreasi seperti joging trek, industri kerajinan khas Bali, pementasan budaya dan tari Bali, kolam pancing, wisata naik kuda, pelatihan spa, restaurant dan tempat outbound yang bisa memaksimalkan liburan Anda di Bali. (Ulf)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top