Travel

Ritual Ma'nene di Tana Toraja (Foto: Antara)

Ritual Ma'nene, Prosesi Mendandani Jasad Leluhur di Desa Pangala Tana Toraja

Ritual Ma'nene, Prosesi Mendandani Jasad Leluhur di Desa Pangala Tana Toraja

TANA TORAJA, spost.id- Tana Toraja tidak hanya terkenal dengan keindahan alam saja, melainkan juga tradisinya. Tradisi yang sangat erat yang diturunkan dari generasi ke generasi di Tana Toraja adalah ritual Manene.

Ma"nene adalah prosesi menggantikan pakaian jasad leluhur di Desa Pangala, Toraja Utara. Ritual yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu ini dilakukan sebagai wujud ritual yang mencerminkan pentingnya hubungan kekeluargaan.

Masyarakat Toraja meyakini bahwa ritual Ma'nene dapat memberi ketentraman dan kesejahteraan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Ritual ini dimulai dengan anggota keluarga berjalan ke Patane, rumah kubur orang Toraja. Mereka kemudian bersama-sama mengeluarkan jasad dari liang lahat. Setelahnya, jasad dibersihkan dan diganti pakaiannya dengan yang baru, termasuk kacamata, ikat rambut, bahkan ikat pinggang.

Kemudian, Jasad yang sudah dibersihkan dan dikenakan pakaian itu kemudian diberdirikan layaknya orang hidup. Tradisi ini tidak hanya sebagai momen peringatan dan penghormatan, tetapi juga digunakan oleh keluarga untuk berfoto bersama jenazah leluhurnya.

Setelah itu, jasad lelehur dimasukkan kembali ke peti dan anggota keluarga melanjutkan ritual Sisemba, yaitu prosesi makan bersama. Masing-masing keturunan membawa makanan khas keluarganya, yang membuat suasana semakin hangat. (Ulf)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top