Gaya Hidup

Makanan, Bahan Makanan, Freezer, Kulkas

Apa Saja Makanan yang dapat Disimpan di Freezer? Simak Penjelasannya

Apa Saja Makanan yang dapat Disimpan di Freezer? Simak Penjelasannya

JAKARTA, spost.id- Freezer adalah alat pendingin yang bersuhu di bawah 0 derajat celcius yang bisa membekukan atau mengawetkan makanan dan minuman. Bahkan mesin pendingin atau freezer kerap menjadi barang wajib yang dimiliki di dalam rumah.

Namun, apa sudah tau jenis makanan apa saja yang bisa di simpan di freezer?

1. Telur

Telur bisa disimpan di freezer, namun hanya sisa telur yang digunakan untuk memasak atau diolah saja. Jika masih dalam bentuk telur dan belum dipecahkan tidak bisa disimpan di freezer.

Cara tepat untuk menyimpan sisa telur tadi adalah dengan mengocoknya lebih dulu. Dengan melakukan cara ini, maka bisa memperpanjang usia telur yang sudah dibuka dan telur bisa digunakan lagi.

2. Es Krim

Es krim yang tidak akan disimpan akan disimpan dalam freezer, tapi harus diperhatikan agar tidak terjadi pembentukan kristal. Caranya adalah menggunakan plastik khusus makanan yang digunakan untuk menutupi bagian permukaan es krim. Pastikan plastik itu menyentuh permukaan es krim, sehingga tidak ada kristal es yang terbentuk di permukaan es krim.

3. Daging

Daging bisa disimpan di dalam freezer namun dalam keadaan sudah disimpan ke wadah atau tempat yang baru dan bersih. Dan harus menulis tanggal pembelian agar terhindar dari kedaluwarsa.

4. Roti

Roti yang disimpan di kulkas memang akan menjadi keras. Namun ada cara tepat yang bisa dilakukan untuk menyimpan roti di kulkas tanpa membuat jadi keras.

Caranya adalah dengan membungkus roti menggunakan plastik khusus makanan, kemudian lapisi dengan aluminium foil, dan masukkan ke freezer.

5. Sayuran

Sayuran yang disimpan dalam keadaan mentah memiliki kandungan yang berbeda-beda dan tidak akan bertahan lama jika disimpan secara beku.Misalnya saja karena tingkatnya yang, sehingga enzim pada sayuran akan menurunkan kualitas sayuran, misalnya yang berubah.

Namun perubahan warna dan penurunan kualitas sayur ini bisa diatasi dengan merebus sayur lebih dulu sebelum disimpan dalam freezer. (ulf)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top