Teknologi

Ilustrasi TikTok (Foto: Pixabay)

Tren 'Face Taping" Ramaikan TikTok: Kerutan Hilang dalam Semalaman

Tren 'Face Taping" Ramaikan TikTok: Kerutan Hilang dalam Semalaman

JAKARTA, spost.id- Baru-baru ini media sosial terutama TikTok melahirkan tren kecantikan fenomenal. Tren ini bernama 'face taping' yakni sebuah trik untuk menghilangkan kerutan di wajah memakai selotip.

Trik dengan cara menarik bagian kulit yang berkerut dengan selotip dan didiamkan semalaman. Selotip berfungsi mencegah kulit bergerak saat tidur sehingga wajah terlihat lebih muda dan bebas kerutan saat bangun di pagi hari.

Bahkan salah seorang TikTokers dan selebgram menyarankan untuk melakukan cara ini setiap malam selama satu minggu dan hasilnya diklaim akan langsung terlihat.

Tren 'face taping' juga ikut dipopulerkan influencer kecantikan @noyskincare. Dia mencontohkan selotip bisa ditempelkan di berbagai daerah yang paling mungkin timbul seperti bagian tengah dahi, sudut mata, pipi, tahang hingga leher.

Akhirnya salah satu dokter spesialis kulit muka suara terkait tren ini. Dr. Rebecca Marcus menjelaskan bahwa teknik 'face tape' sebenarnya bukan hal baru di dunia kecantikan. Orang-orang sudah melakukannya bertahun-tahun yang lalu.

"Menempelkan selotip ke kulit untuk menarik kerutan bisa memberikan efek yang jelas secara instan, atau memakai selotip semalaman untuk mencegah pergerakan otot serta mengurangi pembentukan kerutan," jelas Dr. Rebecca

Dan ia pun setuju terakit face taping lebih efektif wajah dalam waktu yang singkat.

Namun Dr Rebecca tidak menyarankan cara ini dipakai dalam jangka panjang. Sebab efeknya akan lebih banyak merugikan merugikan.

"Secara teoritis, pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan otot-otot bekerja berlebihan, memicu otot yang lebih kuat untuk menahan selotip tersebut. Ketika otot-otot jadi lebih tebal karena bekerja lebih keras, justru terjadi garis-garis kulit yang lebih dalam," terang Dr Roberta. (ulf)


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top