Internasional

Sejumlah personel TNI/Polri bergabung dalam gladi pengamanan tamu VVIP pada perhelatan KTT G20 di Bali, Jumat (11/11/2022). (ANTARA/HO-Humas Polri)

Sejumlah Petinggi Negara G20 Sudah Tiba di Bali, Berikut Rinciannya

Sejumlah Petinggi Negara G20 Sudah Tiba di Bali, Berikut Rinciannya

JAKARTA, spost.id- Deretan tamu undangan mulai berdatangan ke Bali jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Mereka yang telah tiba di Bali adalah Executive Chairman World Economic Forum (WEF), Klaus Schwab, hingga Muhammad Sulaiman Al Jasser selaku Presiden ISlamic Development Bank (ISBD).

Kedatangan sejumlah para pemimpin dunia di Bali itu disiarkan lewat akun YouTube G20 Bali Summit 2022, Minggu (13/11/2022). Schwab awalnya turun dari pesawat kemudian naik mobil yang telah disediakan.

Dia lalu turun dari mobil dan menuju ke lokasi penyambutan. Gubernur Bali I Wayan Koster menyambut langsung Schwab. Tarian khas Bali menyambut kedatangan Schwab.

Tak lama setelah itu, Dirjen ILO Gilbert Houngbo tiba di Bali. Dia disambut oleh Gubernur Bali I Wayan Koster dan Menkominfo Johnny G Plate.

Baru kemudian datang Muhammad Sulaiman Al Jasser. Sama dengan Gilbert, Sulaiman juga disambut I Wayan Koster dan Plate.

Menlu Meksiko Marcelo Ebrard datang setelahnya. Kali ini ada Menhub Budi Karya Sumadi dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang menyambut.

Selanjutnya, para pemimpin yang telah datang langsung meninggalkan bandara. Mereka menuju ke hotel tempat bermalam.

KTT G20 Indonesia

Sebagaimana dikutip dati situs resmi, G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia. (jri)





Dapatkan update berita terbaru dan breaking news secepat kilat setiap hari hanya di KILAT.com


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top