Kesehatan

Menkes Budi Gunadi (Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menkes Buka Suara Soal Klaim Bjorka Bocorkan 2,3 Miliar Data PeduliLindungi

Menkes Buka Suara Soal Klaim Bjorka Bocorkan 2,3 Miliar Data PeduliLindungi

JAKARTA, spost.id- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membantah miliaran data PeduliLindungi diretas hacker Bjorka.

Berdasarkan penelusuran Kemenkes RI dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tidak ditemukan crash atau kebocoran tersebut. Menkes menyinggung kemungkinan yang Bjorka lakukan hanya sekedar mencari perhatian.

"Yang Bjorka itu kita udah cek datanya bukan data PeduliLindungi jadi kita ga yakin itu datanya kita, saran saya absen untuk segera cek kita tidak menemukan adanya crash itu," terang Budi Gunandi saat ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jumat (18/11/2022).

Diketahui hacker Bjorka kembali berulah, ia mengklaim telah membocorkan 2,3 miliar data pengguna aplikasi PeduliLindungi dalam situs BreachForums terdapat milik Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, serta YouTuber Deddy Corbuzier.

Bjorka membocorkan 48 gigabyte data yang disebut terkompresi, 175 gigabyte data tidak terkompresi dengan total 3.250.144.777 data dengan format CSV yang terdiri dari email, NIK, phone number, device ID, COVID-19 status, check in history, contact tracing sampai vaccination. (ulf)





Dapatkan update berita terbaru dan breaking news secepat kilat setiap hari hanya di KILAT.com


0 Comments

BERITA TERKAIT

To Top